FAKTANASIONAL.COM//JAKARTA – Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Muhammad Sohibul Iman mengatakan Koalisi Perubahan untuk Persatuan mempersilakan Anies Baswedan menentukan calon wakil presiden yang akan mendampinginya dari nama-nama yang telah disodorkan koalisi.

Saat ini, disebutkan ada lima kandidat cawapres pendamping Anies di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Nanti Pak Anies yang akan menentukan siapa diantara nama-nama tersebut yang akan dipilih sebagai cawapres,” ujar Sohibul, Jumat (5/5).

Menurutnya, lima kandidat cawapres yang ditawarkan kepada Anies merupakan tokoh-tokoh yang diusulkan oleh semua partai koalisi, yaitu PKS, NasDem, dan Demokrat.

Sohibul menjelaskan usulan itu berasal dari pendalaman Tim Delapan dengan mendengarkan saran dan masukan dari tokoh-tokoh.

“Nama-nama itu usulan dari partai-partai koalisi dan hasil penelusuran tim 8 setelah mendengar masukan-masukan para tokoh,” tuturnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra juga menegaskan Anies akan memilih sendiri calon pendampingnya di Pilpres 2024.

“Kami serahkan kepada Mas Anies untuk memilih wakilnya dan membentuk pasangan yang dapat memenangkan Pilpres 2024,” kata Herzaky, Kamis (4/5).

Herzaky mengklaim Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi sosok dengan kriteria yang pas sebagai calon wakil presiden Anies pada Pilpres 2024.

Dia menyebut AHY kemungkinan besar masuk dari lima daftar kandidat cawapres yang dipersiapkan Koalisi Perubahan untuk Persatuan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Kalau melihat kriteria yang disampaikan Mas Anies, Mas AHY itu masuk di semua kriteria. Apalagi, kalau kita cermati, di berbagai survei terakhir, Mas AHY tiga besar terus elektabilitasnya sebagai cawapres. Kalau capres tiga besarnya selalu ada Mas Anies, di cawapres selalu ada Mas AHY,” kata dia.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top