FAKTANASIONAL//JAKARTA – Momen cuti bersama dan libur nasional yang panjang pada Lebaran Idul Fitri 2023 membuat masyarakat berbondong-bondong untuk berwisata. Usai bermaaf-maafan dengan sanak saudara, sebagian masyarakat menghabiskan waktunya untuk berwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menjelaskan, tingkat kunjungan destinasi wisata di tahun ini mengalami kenaikan sebesar 47 persen dibandingkan tahun lalu. Hal itu terlihat dari destinasi wisata yang menjadi tempat terfavorit berdasarkan wilayah yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

“Kemarin kita baru kelar survei ada 3 destinasi utama pertama pegunungan, pantai, taman rekreasi dan juga alhamdulilah desa wisata juga masuk di tiga besar,” ujar Sandiaga Uno, kepada media, Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Tiket Terjual 617 Ribu, Kereta Api Masih Jadi Moda transportasi Favorit Pemudik

“Masih Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan kalau di Jawa Barat tetep puncak, Pangandaran, Jawa Tengah itu Borobudur, Jawa Timur Bromo, Tregger, Semeru,” lanjutnya.

Dia menjelaskan sektor wisata yang mengalami pemulihan sejauh ini yaitu taman rekreasi, dan hotel-hotel, terutama hotel bintang 3 ke atas yang cenderung pulih.

“Yang paling menonjol itu,” terang dia.

Sandi menerangkan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan memberikan dampak positif ke perekonomian. “Kita sudah melihat ini, kalau kita kawal UMKM secaa baik, akan meningkat secara signifikan,” jelasnya.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top